Hari Pertama PPAB, 29 Juli 2012

Pada hari minggu tanggal 29 Juli, kami mahasiswa dari FTI yang mendapatkan jurusan Teknik Industri dan Manajemen Rekayasa Industri berkumpul di kampus untuk mengikuti kegiatan PPAB 2012. PPAB adalah singkatan dari Penerimaan dan Pembinaan Anggota baru.

Pada kira-kira pukul 12.50 sudah banyak  dari kami yang berkumpul di selasar labtek V. Setelah itu kami mobilisasi menuju amphiteater sesuai perintah kakak-kakak panitia MTI. Setelah kami semua sudah duduk, kak Harvan dari TI 2010 memperkenalkan diri sebagai moderator. Sebelum acara dimulai, kami diminta berhitung jumlah, dan jumlah kami yang hadir hari ini adalah 144 orang. Selanjutnya kak Hervy dari TI 2009 mengambil alih, beliau selaku ketua PPAB 2012 membuka sesi pengenalan. Di sini kami dijelaskan mengenai tujuan PPAB, yaitu untuk membentuk mahasiswa yg cakap, profesional, bermoral, berpengabdian dan berkeprofesian agar dapat memberikan kontribusi untuk Indonesia. Ada beberapa orang yang ditanya mengenai alasan ingin masuk himpunan MTI, di sini kak Harvy menjelaskan bahwa kita harus menyatukan visi kita. Ada beberapa orang yg diminta menjelaskan tentang POPOPE(potensi, posisi, peran) mahasiswa, yaitu :

1. potensi : kritis, idealis, independen, wawasan luas, multi disiplin ilmu, link luas, semangat

2. posisi : Masyarakat sipil terpelajar

3. peran : iron stock, guardian of value, agent of change

Beberapa dari kami ada yang diminta menyebutkan isi Plaza Widya Nusantara. Isi Plaza Widya nusantara adalah sebagai berikut :

1. Kampus sebagai tempat menimba ilmu sains-teknologi

2. Kampus sebagai tempat untuk bertanya dimana semua pertanyaan ada jawabannya

3. Kampus sebagai tempat untuk mengembangkan watak dan kepribadian mahasiswa

4. Kampus tidak hanya membentuk mahasiswa sebagai pelopor pembangunan tapi juga pelopor persatuan

Setelah sesi pengenalan selesai, sesi selanjutnya adalah sesi tes kepribadian. Di sesi ini, kami diminta untuk memilih 1 dari 4 pilihan kata-kata yang diberikan, yang paling cocok dengan diri kami. Ada 37 soal yg diberikan, kami diminta menulis jawabannya di kertas kecil. Setelah selesai menjawab semua pertanyaan, kami mengumpulkan kertasnya dan diminta untuk mobilisasi menuju selasar GKU barat. Di sini kakak-kakak panitia PPAB sudah menunggu kami, kami membuat beberapa barisan, lalu kami dipersilahkan duduk.

Sesi berikutnya adalah sesi Penjelasan dan Penandatanganan Kontrak Belajar. Kami diminta mencatat peraturan-peraturan yang harus kami taati dalam menjalani kegiatan PPAB 2012. Setelah itu kami juga diminta mencatat spek yang harus dibawa. Berikutnya kami dijelaskan mengenai peraturan yg sebelumnya diberikan. setelah semua peraturan dijelaskan, salah satu dari kami diminta untuk mewakili kami semua untuk menandatangani Kontrak Belajar. Selanjutnya, para panitia PPAB memilih beberapa PJ tugas yang akan diberikan, kami diberikan tugas individu dan tugas angkatan. 

1 Comment »

  1. Hi, this is a comment.
    To delete a comment, just log in, and view the posts’ comments, there you will have the option to edit or delete them.

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Leave a comment