Hal-hal yang Diinginkan Setelah Masuk Himpunan MTI

Sudah beberapa hari kami menjalani kegiatan PPAB, Pembinaan dan Penerimaan Anggota Baru. Kegiatan ini diadakan agar kami mahasiswa TI-MRI 2011 dapat dipersiapkan untuk masuk ke Keluarga Mahasiswa Teknik Industri. Acara ini dimulai pada tanggal 29 Juli sampai 7 Agustus, setelah itu libur lebaran. Di acara ini kami dijelaskan mengenai MTI, kami juga diberikan materi-materi pembelajaran,  selain itu kami juga diberikan banyak tugas yang membuat kami semakin kompak. Hal-hal ini membuat saya menemukan tujuan yang saya inginkan saat saya sudah masuk Keluarga Mahasiswa Teknik Industri. Pertama, setelah menjalani seminggu penuh tugas, awalnya saya merasa tugas-tugas ini terlalu banyak, mengambil waktu saya tidak sedikit, dan menguras tenaga saya. Setelah saya piker-pikir lagi, itu ada benarnya juga. Namun banyak hal-hal positif yang saya tidak akan dapat jika saya tidak mengerjakan tugas-tugas itu. Salah satunya adalah persahabatan, dengan adanya tugas angkatan, saya semakin kenal dengan banyak orang di TI-MRI 2011. Inilah salah satu tujuan saya setelah masuk MTI, memperbanyak kenalan. Saya berharap dapat mengenal dengan baik seluruh TI-MRI 2011, karena kita akan menjadi keluarga tidak hanya 3 tahun kedepan saja, namun sampai seterusnya. Jadi sebenarnya tugas-tugas PPAB yang banyak ini adalah sarana bagi kita untuk mengenal satu sama lain. Contoh satu lagi, kita diberikan tugas membuat blog dan mereview tentang jalannya PPAB, menurut saya ini dapat membuat kita semakin mengenal satu sama lain. Karena dari membaca blog milik salah satu teman TI-MRI 2011, kita dapat mengetahui beberapa hal tentang orang itu. Kita bisa saja mengetahui kepribadiannnya dari tata bahasanya. Tugas-tugas yang diberikan panitia menurut saya memang dibuat untuk mempererat kita, dan saya pun merasa semakin hari kami semakin erat. Hal ini membantu saya menemukan keinginan saya untuk mengenal satu sama lain.

Hal yang saya ingin lakukan yang kedua adalah mengenal kakak-kakak senior MTI. Kita membutuhkan senior untuk membimbing kita. Karena itu kita harus mengenal senior-senior kita, karena mereka sudah lebih dulu dari kita di MTI dan di perkuliahan. Mereka dapat mengajari kita dan dapat membantu kita jika kita ada yang tidak mengerti, entah dalam hal perkuliahan maupun dalam hal organisasi. Di acara PPAB kami baru mengenal beberapa senior, yaitu dari para panitia. Selain itu, di acara PPAB ini kami juga ada mentoring. Di satu kelompok mentoring ada 2 mentor, kelompok saya yaitu kelompok 7 dimentori oleh kak Viki dan kak Garini. Mereka enak diajak ngobrolnya, saya pun bisa bertanya-tanya mengenai pemilihan SKS beberapa hari lalu. Dari kelompok mentoring ini saya merasakan pentingnya sosok senior bagi kita. Salah satu hal yang mendasari keu=inginan saya untuk mengenal senior adalah kepedulian mereka. Mereka sangan peduli dengan kita, pernah suatu hari saat bangun pagi badan saya terasa sangat lemas, namun saya tetap mengusahakan dating. Saat sampai di kampus untuk interaksi, saya langsung menuju panitia medik. Di pos medik ini terlihat kepedulian mereka terhadap kita para junior. Mereka menanyakan bagaimana keadaan saya dan mengurus saya. Selain saya, ada juga teman saya Jeihan yang waktu itu juga sakit. Para panitia medik pun langsung mengurusnya juga. Bahkan para panitia non-medik juga menanyakan keadaan kami. Mereka sangat peduli dengan kita TI-MRI 2011, oleh karena itu, mengenal senior menjadi salah satu keinginan saya di Keluarga Mahasiswa Teknik Industri nantinya.

Salah satu keinginan saya yang lain jika sudah masuk himpunan MTI adalah belajar berorganisasi. Sejak dulu saya hanya pernah ikut organisasi-organisasi kecil dan biasa saja. Saya mendapatkan banyak teman dan pengalaman dari sana. Nantinya jika sudah masuk himpunan MTI, saya ingin mencoba ikut berorganisasi. Karena itu semua saya yakini akan bermanfaat untuk kedepannya. Dari situ kita dapat belajar untuk mengatur waktu dengan lebih baik lagi, memanfaatkan waktu dengan baik, belajar untuk lebih bertanggung jawab, mendapatkan banyak teman, dan masih banyak lagi. Saat PPAB beberapa hari yang lalu, pada waktu pemberian materi, ada penjelasan tentang badan kepengurusan MTI. Badan kepengurusan MTI ini terbagi menjadi beberapa cabang. Hal yang membuat saya tertarik untuk berorganisasi adalah games yang diadakan pada tanggal 4 Agustus, yaitu games amazing race. Di setiap pos ada panitia yang merupakan pengurus masing-masing badan kepengurusan MTI. Setiap ssampai di pos kami pasti dijelaskan mengenai program kerja, juga penjelasan singkat dari masing-masing badan. Penyampaiannya juga sangat menarik, ini yang membuat saya tertarik untuk berorganisasi di MTI.

Nantinya jika saya sudah resmi menjadi Keluarga Mahasiswa Teknik Industri, saya juga ingin belajar dengan baik, dan berusaha menjadi lebih rajin lagi. Salah satu hal yang mendorong saya untuk memiliki pemikiran ini adalah pembelajaran-pembelajaran yang nantinya akan diberikan oleh para senior kita. Nantinya di himpunan kita para junior akan mrndapatkan tutoring pelajaran dari senior. Dengan adanya tutor ini, saya harap kami TI-MRI 2011 dapat menjalani kegiatan perkuliahan dengan lancar. Adanya tutor ini membuat saya termotivasi untuk belajar dengan lebih rajin dan lebih baik lagi. Selain itu dengan belajar lebih baik lagi dan lebih rajin lagi, saya berharap itu dapat membantu saya lulus dari kampus ini dengan nilai yang memuaskan dan ilmu-ilmu yang sangat bermanfaat.

Salah satu keinginan setelah masuk himpunan MTI adalah mencari info mengenai lapangan pekerjaan. Saya ingin mencari info dari senior mengenai lapangan pekerjaan bagi lulusan TI-MRI, karena mereka lebih berpengalaman. Mungkin ada dari mereka yang sudah pernah magang dalam bidang pekerjaan yang berhubungan dengan ilmu-ilmu TI, mungkin juga Keluarga Mahasiswa Teknik Industri mempunyai banyak info yang didapatkan dari para alumni yang sudah bekerja. Selain itu saya juga ingin berkonsultasi dengan para dosen mengenai hal ini, karena mereka mungkin sudah faham mengenai bidang pekerjaan yang tersedia bagi lulusan Ti-MRI. Mungkin juga himpunan dan dosen memiliki koneksi yang dapat membantu kami mendapatkan informasi juga, misalnya dengan adanya seminar mengenai karir dan sebagainya. Saya belum tahu lapangan pekerjaan seperti apa yang tersedia bagi kami, karena sepertinya bidang yang dicakup TI-MRI sangatlah luas, saya harap jika sudah masuk himpunan nantinya saya dapat menemukan tujuan saya.

Setelah menjadi anggota Keluarga Mahasiswa Teknik Industri nantinya, saya juga ingin menjaga nama baik MTI. Saya bangga jika menjadi anggota keluarga MTI. Oleh karena itu tentu nama baiknya harus dijaga, baik dalam hal bertutur kata, berkelakuan, mendapatkan nilai yang memuaskan, dan lainnya. Masih banyak lagi keinginan-keinginan saya saat nanti sudah menjadi anggota Keluarga Mahasiswa Teknik Industri, namun saya tidak bias menyebutkan semuanya di sini. Namun beberapa keinginan saya di atas sudah lumayan mencakup semuanya. Sekian, terima kasih.

Leave a comment